"Akidah" Sifat-sifat tercela dalam islam

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

 Sahabat pencari ilmu. Kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu lagi nih, kali ini kita kan membahas bersama sama tentang sifat-sifat tercela dalam Islam. 

~sifat-sifat tercela:

A. Syirik
       artinya menyekutukan ALLAH SWT. orang yang melakukan perbuatan syirik di sebut dengan musyrik, yaitu seorang melakukan suatu perbuatan terhadap makhluk, manusia, benda yang seharusnya perbuatan itu hanya ditujukan kepada ALLAH SWT semata. Perbuatan itu adalah mempersekutukan sesuatu selain ALLAH SWT. Perbuatan syirik ini termasuk dosa besar

B. Iri hati/Dengki(hasad), sombong(takabur), tamak

1) iri hati/dengki
  adalah perasaan benci atau tidak senang kepada seseorang yang memperoleh keberuntungan atau ingin kebahagiaan orang tersebut segera lenyap.
  iri hati atau dengki adalah salah satu sifat tercela yang sangat berbahaya, baik bagi diri sendiri dan orang lain. Sifat ini memiliki ibarat api yang membakar kayu, yaitu menghabiskan kebaikan yang telah kita perbuat.

2) sombong (takabur)
  adalah merasa lebih tinggi/baik dari orang lain, baik keturunan, kekayaan, kepandaian, kedudukan, kecantikan, ketampanan dan sebagainya. 

  Sombong ada 2 macam, antara lain:
•sombong lahir: perbuatan-perbuat kesombongan yang dilakukan oleh anggota badan dan jelas terlihat
•sombong batin: sifat kesombongan  di dalam jiwa atau lari yang tidak terlihat.

RASULULLAH SAW menjelaskan, bahwa ada 2 macam sifat yang merupakan himpunan dari sifat sombong, yaitu menolak kebenaran dan menghina orang lain.
Orang yang sombong bila dibtarik garis keatas maka sifat itu tidak pantas ia miliki karena sifat itu hanyalah milik ALLAH SWT saja.

3) Tamak
  ALLAH SWT Kadang menguji hambanya berupa kemiskinan, kadang juga berupa kekayaan. Ketika di uji dengan kemiskinan orang adakalanya bersifat qona'ah, yakni menerima apa yang ada sambil terus berusaha, adakalanya orang juga bersifat tamak. Orang yang yang diberikan kekayaan pun demikian, adakalanya memiliki sifat syukur sehingga beram dengan hartanya, ada juga yang ria dengan berfoya-foya menikmati harta dengan seenaknya.
  Pada dasarnya manusia memiliki potensi untuk tamak, merasa kurang terhadap rezeki yang ia dapatkan, ketika mendapat rezeki sedikit, ingin banyak, setelah banyak, ingin lebih banyak lagi dan seterusnya.
  Sifat tamak ini merupakan sifat yang berbahaya, yaitu membahayakan diri sendiri dan orang lain, karena seseorang yang tamak dalam hidupnya akan di perbudak oleh harta, ia akan senantiasa berfikir, bagaimana caranya agar hartanya bertambah, segal cara pasti akan mereka lakukan, tanpa memperdulikan nasib orang lain, NAUZUBILLAHIMINDALIK.

  Cara yang dapat dilakukan untuk mengobati sifat tamak:
•yakinkan diri bahwa rezeki sudah di atur oleh ALLAH SWT
•biasakanlah hidup sederhana
•hidup dengan sifat qona'ah
•renungilah kehidupan fakir miskin dan
•banyaklah mengingat sejarah hidup

Mudah-mudahan kita semua dijauhkan dari sifat-sifat tercela tersebut dan menjadi orang yang selalu bersyukur untuk mendapatkan ridho ALLAH SWT, aamiin !


Terimakasih semoga bermanfaat, share kepada teman-teman lainnya, mari kita sama-sama senang dalam berbagi ilmu, walaupun itu hanya sedikit.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Catatanarb_blogspot.com Di situs CatatanArb ini, kami akan menyediakan layanan informasi seputar pertanian, breaking news, kerohanian, humor santai, anime, dan masih banyak hal menarik lainnya! Maka dari itu enjoy dan ikuti setiap artikelnya!

0 Response to ""Akidah" Sifat-sifat tercela dalam islam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel