Fadilah surat Yasin


     Surat Yasin terdiri dari 83 ayat, termasuk golongan surat makiyah yang diturunkan di Mekah sesudah surat Al-Jin. Dalam surat Yasin terkandung beberapa hal yang cukup penting kita ketahui dan hayati, yaitu surat ini menerangkan masalah keimanan, gambaran penghuni surga dan neraka, kisah-kisah pada umat Nabi Isa as, hari kebangkitan, tanda-tanda kekuasaan ALLAH SWT terhadap kejadian alam, dan penciptaan alam semesta.
     Keutamaan dan Fadilah surat Yasin dalam beberapa Hadist dan Riwayat sebagai berikut.

1. Rasulullah Saw bersabda: "Barangsiapa yang membaca surat Yasin pada malam Jum'at, maka pada esok harinya dosa-dosanya oleh ALLAH SWT." Dalam riwayat lain beliau juga bersabda: "Barangsiapa yang berziarah kubur kemudian membaca surat Yasin, maka ALLAH akan meringankan siksanya terhadap ahli kubur yang diziarahinya dan pembacanya mendapat pahala yang sama kebajikan yang diberikan kepada ahli kubur itu"
2. Rasulullah Saw bersabda: "Bacakanlah untuk orang yang (akan mati) surat Yasin" (HR. Imam Abu Dawud)
3. Dari Anas ra, ia berkata; Rasulullah Saw bersabda: "Sesungguhnya setiap sesuatu itu ada jantungnya, dan jantungnya Al-Qur'an adalah surat Yasin, bagi siapa yang membaca surat Yasin, maka Allah akan menetapkan baginya seperti membaca Al-Qur'an 10 kali"
4. Dari Aisyah ra. Bahwasanya Rasulullah Saw, bersabda: "Sesungguhnya didalam Al-Qur'an itu ada satu surat yang dapat memberi syafaat kepada pembacanya dan memohonkan ampunan bagi pendengarnya, ketahuilah yaitu surat Yasin, yang didalam Taurat dinamakan Al-Mu'ammah itu." Ditanyakan: "Ya Rasulullah apakah Al-Mu'ammah itu?" Beliau bersabda: "Yang menjadi penyebab bagi orang yang membaca yang mendengarkan mendapatkan kebaikan di dunia dan menghilangkan ketakutan di akhirat." Dan surat Yasin ini disebut Ad-Daji'ah dan Al-Qadiyah.  Ditanyakan: "Ya Rasulullah bagaimana dengan itu?" Beliau bersabda: "Karena dapat menolak kejahatan dan dikabulkan hajatnya bagi orang-orang yang membacanya."
5. Dari Anas ra, bahwasannya Rasulullah Saw, bersabda: "Barang siapa masuk ketempat pemakaman lalu membaca surat Yasin maka Allah meringankan siksa ahli kubur pada hari itu, dan pembacanya memperoleh kebaikan sebanyak orang yang ada didalamnya."
Catatanarb_blogspot.com Di situs CatatanArb ini, kami akan menyediakan layanan informasi seputar pertanian, breaking news, kerohanian, humor santai, anime, dan masih banyak hal menarik lainnya! Maka dari itu enjoy dan ikuti setiap artikelnya!

0 Response to "Fadilah surat Yasin"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel