Melestarikan budaya berjanjenan / markhabanan




   Berjanjenan atau yang lainnya sering menyebut markhabanan, adalah salah satu rutinan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Nahdiyin setiap malam Selasa dan malam Jum'at.

   Rutinan ini dilakukan setelah melakukan sholat Maghrib hingga menjelang waktu shalat isya, didalamnya, masyarakat membaca lantunan sholawat Nabi yang ada di Kitab Al-Barjanji. Juga sering kita dengar dengan sebutan Diba'an. 

   Masyarakat Nahdiyin memilih hari Senin dan Kamis bukan tanpa alasan, karena diantara hari-hari yang lain. Hari Senin dan Kamis lah yang memiliki kebarokahan di malamnya.

   Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat dalam melaksanakan rutinan ini. Dapat di lakukan dengan di iringi rebana, jedoran, ataupun tanpa iringan alat. 

   Bagaimana pun cara yang dilakukan. Tujuannya hanya satu! Yaitu bersuka cita, bersholawat atas Nabi, untuk mendapatkan syafaat nya kelak di hari akhir. Aamiin!
Catatanarb_blogspot.com Di situs CatatanArb ini, kami akan menyediakan layanan informasi seputar pertanian, breaking news, kerohanian, humor santai, anime, dan masih banyak hal menarik lainnya! Maka dari itu enjoy dan ikuti setiap artikelnya!

0 Response to "Melestarikan budaya berjanjenan / markhabanan "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel