Kisah keutamaan membaca Basmallah

 

(1) Alkisah
         Disebutkan bahwa ada seorang wanita bersuami seorang munafik. Setiap kali hendak melakukan atau mengatakan sesuatu, maka ia selalu mengucapkan Basmallah
         suami: "Aku ingin melakukan sesuatu yang menyebabkan ia malu"
         Maka pada suatu hari ia menyerahkan kepadanya sekantong uang seraya berkata: "Simpanlah baik-baik uang ini"
         Maka sang istri menaruh uang itu di tempat yang tersembunyi. Setelah waktu lama, maka sang suami mengambil uang tersebut dan melemparkannya ke dalam sumur di rumahnya. Kemudian ia minta kepada sang istri agar uang itu diserahkan kepadanya. Sang istri mendatangi tempat penyimpanan uang seraya mengucapkan bismillah, maka ALLAH SWT menyuruh Jibril mengembalikan uang sekantong ke tempat penyimpanan semula, Dengan izin ALLAH SWT, ia menemukan uang itu kembali Ndan menyerahkannya kepada sang suami. Maka sang suami menjadi heran dengan kejadian itu, sehingga ia bertaubat dan menyesali segala perbuatannya.

(2) Alkisah 
        Disebutkan bahwa ada seorang lelaki Yahudi sangat mencintai seseorang wanita Yahudi, sehingga ia bagaikan orang gila yang tidak dapat berfikir kecuali kepada wanita itu, dan ia tidak dapat makan dan minum dengan tenang. Ia pergi menemui Atho' dan menyebutkan keadaannya. Maka Atho' menulis Basmallah di sebuah kertas, kemudian menyerahkan ke lelaki itu seraya berkata: "Telanlah tulisan ini, semoga ALLAH SWT memberi hiburan kepadamu dan mengawinkan engkau dengan nya."
        Setengah lelaki itu menelan kertas tersebut, maka ia berkata: "wahai Atho', setelah aku menelan kertasmu, maka aku merasa manisnya iman dan timbul cahaya di hatiku, sehingga aku dapat melupakan wanita itu, maka ajarkanlah Islam kepada ku."
        Singkatnya, lelaki Yahudi itu masuk Islam berkat tulisan Basmallah. Setengah mendengar berita keislaman lelaki Yahudi itu, maka si wanita Yahudi datang kepada Atho' seraya berkata: "Wahai Imam kaum muslimin, akulah wanita yang disebutkan oleh lelaki Yahudi yang telah masuk Islam itu, tadi malam aku mimpi melihat seorang datang kepadaku seraya berkata: "Jika engkau ingin melihat tempatmu di dalam surga. Kini, aku telah datang kepadamu, maka tunjangan kepadaku, dimanakah surga itu?"
        Jawab Atho': "Jika engkau ingin masuk kedalam surga, maka pertama kali, hendaknya engkau membuka pintunya lebih dahulu, kemudian masuklah ke dalamnya."
        Tanya wanita itu: "Bagaimana cara membuka pintunya?"
        Jawab Atho': " Ucapkanlah Bismillahirrahmanirrahim"
        Setengah ia mengucapkannya, maka ia berkata: "Aku telah mendapatkan cahaya di dalam hatiku, dan aku melihat kerajaan ALLAH, maka kenalkan aku pada Islam."
        Setelah ia dipersilahkan masuk Islam, maka ia menerimanya karena berkah ucapan Basmallah.
        Pada malam harinya, ia tertidur dan ia mimpi bahwa bia masuk kedalam surga dan ia melihat sejumlah istana serta kubah-kubahnya. Di antaranya ada sebuah kubah bertulis: "Wahai wanita, sesungguhnya dengan bacaanmu tadi itu, ALLAH SWT telah memberi apa saja yang engkau inginkan."
       Kemudian ia terbangun dari tidurnya dalam keadaan terharu, maka ia berdo'a: "Tuhanku, aku tadi telah masuk kedalam surga, kemudian Engkau mengeluarkan aku dari padanya, ya ALLAH, kini keluarkanlah aku dari kesempitan dunia demi kekuasaan-Mu untuk masuk kedalam surga-Mu."
       Setelah ia mengakhiri do'anya, maka tiba-tiba rumahnya roboh dan menimpa kepadanya, sehingga ia mati syahid karenanya. Tentunya, itulah berkah ucapan Bismillah.

                                      •••

   Tadilah kisah-kisah tentang keutamaan membaca BISMILLAH, kisah dalam artikel ini di ambil dari buku yang berjudul KISAH-KISAH YANG MENGAGUMKAN SEBAGAI MOTIVATOR TAAT KEPADA ALLAH.  Yang disusun oleh A. YASIN BIN ASUMUNI yang diterbitkan olah pondok pesantren  HIDAYATUT THULLAB. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah ketaatan kita semua kepada ALLAH SWT, belajar memulai apapun dengan mengucapkan Bismillah, dengan dilakukan secara lisan maupun di dalam hati.



Catatanarb_blogspot.com Di situs CatatanArb ini, kami akan menyediakan layanan informasi seputar pertanian, breaking news, kerohanian, humor santai, anime, dan masih banyak hal menarik lainnya! Maka dari itu enjoy dan ikuti setiap artikelnya!

0 Response to "Kisah keutamaan membaca Basmallah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel