Gak hanya di sawah, tikus juga menyerang persediaan gabah dirumah


Gambaran gabah yang diserang tikus dirumah

 Ya beginilah kondisi terkini lumbung padi simpanan bapak, persediaan yang dikhususkan selama 4 bulan bisa mengalami penurunan jika tidak diatasi secara cepat! "Nih tikus emang bandel sih, gak hanya disawah aja makan nya, sampe diikutin juga sampai kerumah". Oh ya kalian dirumah mungkin mengalami hal yang sama dengan saya, tapi gak usah khawatir! Ada sedikit tips dari saya yang telah terbukti mengurangi serangan dari tikus ini, simak tips berikut ini;

1. Gunakan obat tetes 
 Bukan obat tetes mata lho ya, tapi racun tikus yang emang dikhususkan untuk tikus bukan untuk yang lainnya. Cara penggunaan nya cukup mudah, boleh dengan berbagai media pangan, seperti nasi, roti, tempe yang masih mentah, kepala ikan, dan gabah itu sendiri! Disini saya merekomendasikan untuk obat yang warnanya merah karena udah ada perbedaan angka kematian tikus nya! Dengan meneteskan di media yang akan digunakan untuk meracun tikus dengan takaran yang sudah terpasang diproduk. Dan tempatkan di sekitar lumbung padi dan juga tempat-tempat yang sering jadi sarang tikus. Cara ini adalah cara yang cukup efektif untuk mengurangi serangan-serangan dari tikus!

2. Usir tikus
 Emang udah selayaknya untuk tikus-tikus tersebut untuk diusir, kedatangannya yang tidak di harapkan malah jadi beban bagi para petani! Nah bagaimana sih cara untuk mengusir tikus?  Cara pertama sebenarnya sudah cukup sih, karena harga yang terjangkau dan pemakaian yang mudah, tapi beberapa orang menginginkan cara yang lain, cara alami mungkin! Ada kog cara alami yang dapat kita gunakan untuk menghalau para tikus dirumah! Caranya:

1) ternak jangkrik! Yap, salah satu cara yang efektif dan juga bisa menjadi lagu penenang kita dikala dirumah, menurut survei! suara yang di buat oleh jangkrik ini memiliki frekuensi yang tinggi kepada tikus, sehingga menjadikan tikus tersebut menjauh dari jangkauan suara ini.
2) serbuk lada dan merica! Ini sama halnya jika terjadi kepada manusia, hidung bisa panas ketika menghirup nya. Jadi apa yang terjadi jika serbuk ini dihirup oleh tikus, serbuk akan langsung kebagian dalam tikus dan menyebabkan kesan tubuh kebakar bagi tikus.
3) voging dengan lirang / karbit! Ini adalah cara yang digunakan disawah pada umumnya, tapi cocok juga bila digunakan dirumah sebagai penghalau dari serangan-serangan tikus, jika beruntung malah bisa membunuh tikus tersebut. Caranya bisa kita lakukan jika kita tahu tempat tikus berkembang biak fokus kelubang rumah tikus nya, dan juga bisa dengan memvoging seluruh bagian rumah hingga tikus tikus tersebut menjauh dari rumah kita, PERHATIAN! Lakukan cara ini dengan hati-hati, suruh anggota keluarga menjauh dari rumah atau bisa dengan menggunakan masker!

 Tadilah cara cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi serangan-serangan tikus, walaupun masih ada beberapa yang masih menyerang! tapi dampak yang disebabkan berkurang, jadi kerugian nya pun menjadi lebih kecil. Dan 1 lagi yang sangat ampuh yaitu do'a, ya disinilah ramuan ramuan tak kasap mata bisa membuat lumbung padi kita menjadi Aman.

Catatanarb_blogspot.com Di situs CatatanArb ini, kami akan menyediakan layanan informasi seputar pertanian, breaking news, kerohanian, humor santai, anime, dan masih banyak hal menarik lainnya! Maka dari itu enjoy dan ikuti setiap artikelnya!

0 Response to "Gak hanya di sawah, tikus juga menyerang persediaan gabah dirumah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel