Dasar dan Hukum Islam, secara ringkas!



Dasar dan Hukum Islam:

1) Al-Qur'an 
       adalah kitab cuci yang di kirimkan oleh ALLAH SWT kepada nabi Muhammad Saw melalui malaikat Jibril  sebagai pedoman dalam melaksanakan ajaran agama Islam.
Kandungan dalam Al-Qur'an meliputi: Aqidah(Tauhid), Hukum, Hikniah, dan cerita. Al-Qur'an diturunkan selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.

2) Hadist
       adalah segala ucapan, perbuatan, dan ketetapan Nabi Muhammad Saw. Tujuannya adalah sebagai penjelas kandungan Al-Qur'an yang masih bersifat umum(global)
 Hadist ada 3:
a. Hadist Qouly   : ucapan
b. Hadist Fi'ly.     : perbuatan
c. Hadist Takriri : ketetapan

3) Ijma 
       adalah kesepakatan para ulama tentang suatu hukum yang berlandasan Ijtihad (mengeragkan daya dan upaya untuk menggali hukum dari Al-Qur'an dan Hadist dan ucapan para sahabat

4) Qiyas
       adalah menyamakan / membandingkan suatu hukum yang belum diatur dalam Al-Qur'an dan Hadist dengan hukum yang sebanding dan telah di jelaskan dalam Al-Qur'an dan Hadist


   Sekian artikel yang dapat saya bagikan. semoga bermanfaat bagi semua yang membaca. Share kepada teman teman yang lainnya juga ya!
Catatanarb_blogspot.com Di situs CatatanArb ini, kami akan menyediakan layanan informasi seputar pertanian, breaking news, kerohanian, humor santai, anime, dan masih banyak hal menarik lainnya! Maka dari itu enjoy dan ikuti setiap artikelnya!

1 Response to "Dasar dan Hukum Islam, secara ringkas!"

Unknown said...

Sangat bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel